TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Kamis, 29 September 2011

Penjelasan Tentang Bagian Dalam Camera D-SLR


Lensa (nomor 1,2,dan 3)
Terdiri dari elemen-elemen lensa majemuk yang disusun berderet, serta sebuah celah aperture yang bisa melebar dan menyempit. Secara umum tugas lensa-lensa ini adalah mengatur bagaimana view yang dibidik akan tampil pada hasil gambar nantinya.
Cermin (nomor 4)
Cermin ini terletak di depan Sensor Digital. Tugasnya selain melindungi sensor dari cahaya atau debu saat kamera sedang tidak mengambil gambar, juga sebagai salah satu komponen penyalur cahaya/view menuju viewfinder. Adanya cermin inilah yang membuat sebuah kamera SLR unik dari kamera lainnya.
Sensor Digital (nomor 5)
Tugasnya tentu saja menangkap cahaya (view yang dibidik) dan mengubahnya menjadi data digital agar dapat diproses atau disimpan secara digital. Sensor digital umumnya berupa sebuah papan kecil yang terdiri dari jutaan elemen yang sensitif terhadap cahaya. Di depan sensor digital ini terdapat semacam katup penutup yang disebut focal plane. Focal plane ini berfungsi sebagai semacam tirai yang melindungi sensor digital agar tak terekspos cahaya. Saat tombol shutter ditekan, barulah focal plane ini membuka dan mengijinkan sensor digital untuk terekspos cahaya.
Focusing Screen (nomor 6)
Komponen ini adalah komponen utama dalam teknologi autofokus. Focusing screen adalah sebuah layar transparan kecil yang bertugas untuk mendeteksi keadaan fokus suatu view yang dibidik. Prosesor mengecek keadaan fokus view melalui focusing screen untuk kemudian memerintahkan motor pada lensa untuk memaju/mundurkan elemen lensa hingga fokus lensa tepat berada pada obyek yang diinginkan. Pola titik-titik autofokus yang terlihat dari viewfinder saat kita membidik view adalah pola dari focusing screen ini…
Pentaprism/pentamirror (nomor 7)
Sebuah elemen lensa atau susunan cermin yang berbentuk hampir segi lima tak sama sisi yang berfungsi memantulkan view yang diteruskan dari focusing screen sebanyak 2 kali dengan sudut 90° sehingga view yang awalnya terbalik, menjadi tidak terbalik saat tiba di viewfinder.
Viewfinder
Sebuah layar kecil yang digunakan fotografer untuk ‘mengintip’ view yang dibidik kamera sebelum mengambil gambar. Karena hanya untuk kepentingan preview (dan aspek keterbatasan teknis), pada kebanyakan D-SLR entry level, viewfinder ini hanya memuat sekitar 85-98% dari view yang akan ditangkap sensor. (akhmedB_Pub)

0 komentar: